Akhyar Buka Gelar Produk Nusantara


image_pdf

Medan | IPO – Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi  membuka Gelar Produk Nusantara di Atrium Grand Palladium Plaza Jalan kapten maulana Lubis Medan, Rabu (6/4). Kegiatan ini digelar untuk mendukung program pemerintah dan mendapatkan hasil agar warga Indonesia mencintai produk dalam negeri. Di samping itu berharap para pelaku usaha dan UMKM mendapat jaringan dan memperluas jaringan di pasar.

Pembukaan Gelar Produk Nusantara ini turut dihadiri Asisten Deputi Bidang Permodalan Kementrian Koperasi dan UKM RI, Ir Luhur Pradjoko MM,  mewakili Direktur Dagang Kecil Menengah dan Produk dalam Negeri Kementrian Perdagangan RI, Ketua Panitia Gelar Produk Nusantara, Endang SSN, serta  Kadis Koperasi dan UMKM Kota Medan, Arjuna Sembiring SSos MSp. Pagelaran yang berlangsung selama 5 hari ini juga  diisi dengan lomba tari tradisional kreasi kategori TK dan lomba mewarnai kategori TK.

Dalam sambutannya, Luhur berharap agar para pelaku usaha dapat membuat produk yang berkualitas dan mampu berdaya saing. Untuk itulah perlu banyak hal-hal yang harus ditingkatkan lagi dalam membangun usaha seperti kualitas SDM, produksi dan akses pembiayaan. “Event ini bukan hanya menjual produk namun diharapkan dapat meningkatkan jaringan di pasar.  Untuk itu saya berharap agar para pelaku usaha atau koperasi segera mengurus hak paten dan hak kekayaan mereka,” kata Luhur.

Sementara itu Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi ingin melalui pameran ini dapat saling tukar menukar informasi mengenai produk UMKM unggulan daerah, serta dapat saling berdiskusi mengenai permasalahan yang melanda UMKM umumnya. Dia juga berharap kegiatan ini dilengkapi dengan beberapa diskusi dan konsultasi mengenai pengembangan UMKM, sehingga jika ada pengunjung yang memiliki usaha kecil menengah dan industri rumah tangga dapat langsung sharing dengan para konsultan.

“Pemko Medan berkomitmen mengembangkan industri kreatif karena diyakini dapat menyerap banyak tenaga kerja, sehingga mampu menekan tingginya angka pengangguran. Selain itu, UMKM juga dapat memberikan pemberdayaan pada rumah tangga yang memang memiliki banyak sekali potensi,” papar Akhyar.

Dijelaskan Akhyar, semua itu dilakukan semata-mata  untuk memberikan akses dan ruang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Selain itu juga Dinas Koperasi dan UMKM juga rutin memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi pelaku UMKM yang ada..

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Walikota. Setelah itu mantan anggota DPRD Medan ini meninjau seluruh stand, seraya memberikan support kepada para pelaku usaha produk-produk yang mereka hasilkan. Akhyar mengaku senang atas digealrnya acara ini.

“Pagelaran ini merupakan sarana promosi untuk produk-produk sehingga dapat dikenal di kalangan nasional dan internasional. Produk yang ada saat ini banyak dan bagus namun lemah dalam pemasaran. Kedepannya dalam meningkatkan UMKM di Kota Medan, Pemko Medan akan membina dan mendorong pelaku usaha dalam berkreasi dan membantu para pelaku usaha dalam mempromosikan usahanya,” paparnya.

Sedangkan Endang SSN selaku Ketua Panitia  menjelaskan, Gelar Produk Nusantara bertujuan untuk mendukung program pemerintah serkaligus mendapatkan hasil agar warga Indonesia mencintai produk dalam negeri. “Disamping itu kita berharap melalui event ini, para pelaku usaha dan UMKM mendapat jaringan dan memperluas jaringan yang lebih luas di pasar,” jelas Endang.

Selanjutnya Endang minta kepada Pemko Medan untuk menginformasikan kepada seluruh warga Kota Medan sehingga  datang beramai-ramai mengunjungi event ini. Pagelaran ini sendiri diikuti perwakilan dari 17 provinsi di Indonesia. Seluruh produk dalam pagelaran ini merupakan buatan sendiri para pelaku usaha.(Roy)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*