Wali Kota: Pelajari Budaya Asing, Junjung Tinggi Budaya Nasional


image_pdf

80WhatsApp-Image-2018-07-18-at-22.10.17

Medan | IPO – Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si mengajak civitas akademika Program Studi Mandarin Indonesia mempelajari budaya asing dengan tetap menjunjung tinggi budaya nasional.  Ajakan ini disampaikan Wali Kota Medan, saat berbicara pada Welcome Dinner Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia (APSMI), Rabu (18/7) malam di Aula Kehutanan Universitas Sumatera Utara.

“Dengan demikian, kita akan mampu berperan nyata dalam pelestarian budaya asli Indonesia, namun tetap mampu mengikuti perkembangan zaman menuju masyarakat global yang tanpa batasan lagi,” ujar Wali Kota di hadapan anggota Asosiasi Program Studi Mandarin Indonesia yang menggelar Seminar Internasional dan Kongres Kedua di Medan ini.

Tampak hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor II USU, Prof. Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, Dekan Fakultas Ilmu Budaya USU, Dr. Budi Agustono, MS, Dewan Penasehat APSMI, Paiman Mak, Ketua APSMI, Titi Raharjanti, SS, M.Hum, Rektor Universitas Widya Kartika Surabaya, Dr. Murpi Josua Sembiring, dan segenap Ketua Program Studi Mandarin se-Indonesia, serta mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya USU.

Wali Kota menyebutkan, melalui Seminar Internasional dan Kongres Kedua APSMI ini diharapkan civitas akademika program studi bahasa Mandarin di seluruh Indonesia mampu berkiprah dan memberikan sumbangsih kepada negara ini. Sumbangsih yang diberikan, lanjut Wali Kota, tidak terbatas pada financial, namun juga dalam bentuk pemikiran maupun saran agar keberadaan program studi Mandarin makin kokoh di tanah air.

Wali Kota menyebutkan, bahasa Mandarin saat ini merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia atau sekitar 900 juta penutur di seluruh dunia. Selain itu, bahasa Mandarin bersama bahasa Arab, Inggris, Perancis, Rusia, dan Spanyol merupakan bahasa resmi yang digunakan PBB.

Kedatangan Wali Kota Medan pada Welcome Dinner ini mendapat sambutan yang hangat dari para pengurus APSMI. Mereka tampak memanfaatkan momen tersebut untuk bersilaturrahmi dengan Wali Kota. Tidak hanya itu, para pengurus APSMI ini juga mengajak Wali Kota Medan untuk berfoto bersama. (Roy)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*