Walikota Menerima Naskah UN SMA/SMK Kota Medan


image_pdf

Medan | IPO – Sebanyak 26.058 orang pelajar SMA Kota Me­dan akan mengikuti Ujian Nasional (UN) yang akan digelar serentak pada 4-6 April 2016. Adapun jumlah peserta UN tersebut terdiri dari SMA/SMK sebanyak 21.621 pe­serta, Aliyah sebanyak 2.512 peserta dan Paket C sebanyak 1.912 orang.

Walikota Medan HT Dzulmi Eldin ketika menyaksikan secara langsung penyerahan naskah ujian dari Dinas Pendidikan  Provinsi Sumatera Utara kepada Dinas Pendidikan Medan di SMKN-7 Medan, Kamis (31/3) mene­gas­kan, pelaksanaan UN SMA sedera­jat di Kota Medan harus berjalan de­ngan aman dan lancar serta tidak boleh ada kecurangan.

Dzulmi Eldin berharap agar naskah ujian yang telah sampai dan disitri­busikan kepada sub-sub rayon agar dijaga dan berikan laporan setiap hari, berkoordinasi dan minta peng­awalan dari pihak  aparat kepolisian setempat agar naskah ujian tidak sampai kepada orang yang tidak bertangung jawab.

“Saya minta kepada sub-sub rayon dan penyelenggara ujian untuk ber­tanggungjawab dan betul betul men­jaga amanah yang diper­cayakan ini,” kata Eldin.

Eldin mengatakan dengan adanya ren­tang waktu dari penyerahan naskah UN ini sampai pada hari H harus dijaga benar-benar, tidak boleh satu orang pun yang membuka doku­men naskah ujian tersebut selain ada kesepa­katan dari pihak kepolisian. “ Saya berharap nantinya pelaksanan UN dapat berjalan lancar tidak ada kendala, dan Kota Medan dapat mempertahankan prestasi angka kelu­lusan tahun lalu dengan presentasi kelulusan 100 persen. “ harapnya.

Lebih lanjut  Eldin menyebutkan, ke­ber­­ha­silan dan kemajuan pemba­ngun­an kota tidak terlepas dari keber­ha­silan pembangunan di bidang pendi­dikan. Akan tetapi, ung­kap­nya angka kelulusan setiap jenjang pendi­dikan memiliki peranan yang cukup signi­fikan dalam mengukur keberhasilan pro­gram pendidikan untuk mencer­daskan kehidupan bangsa tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar melaporkan jumlah ke­selu­ruhan peserta UN tingkat SMA dan Se­derajat Kota Medan se­banyak 26.058 peserta, terdiri dari  SMA/SMK , 21.621 peserta, Aliyah 2.512 peserta, Paket C, 1.925 peserta, untuk penyelnggara UN SMA/SMK 206 sekolah, Aliyah 28 sekolah dan Paket C 19 sekolah, untuk pengawas ru­angan SMA/SMK, 2.492 pengawas. Aliyah, 290 penga­was dan Paket C, 208 pengawas, ruangan yang dipakai untuk SMA/SMK, 1.146 ru­angan, Aliyah, 145 ruangan dan Peket C, 104 ruangan.

Pelaksanaan UN berlangsung pada 4 sam­pai 6 April 2016 dengan materi  untuk SMA 6 mata pelajaran, dan SMK tiga mata peajran, pengumuman akan dilaksanakan 7 Mei 2016. Diharapkan nantinya tingkat kelulusan tahun ini mencapai 100 persen.

Marasutan Siregar mengatakan, setelah penerimaaan naskah ujian ini akan segera didis­tribuskan kepada sub-sub rayon SMA dan SMK di Kota Me­dan. “Ditargetkan proses berjalan aman dan lancar  sehingga dapat selesai dalam satu hari,” sebutnya. (Roy)

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*